MENGENAL ALAT DAN BAHAN UNTUK MELUKIS

Melukis merupakan kegiatan mengolah medium dua dimensi untuk mendapatkan kesan tertentu. Melukis juga merupakan hobi banyak orang. Orang yang bisa melukis memiliki nilai tersendiri bagi seorang seniman. Dahulu seni lukis sangat terkait dengan gambar peninggalan-peninggalan prasejarah yang dibuat oleh nenek moyang kita dengan media dinding-dinding gua. Dengan menggunakan bahan yang sederhana seperti arang, kapur atau bahan prasejarah lainnya. Melukis sangatlah terkenal di belahan dunia manapun. Dengan melihat benda atau mengimajinasikan nya, itulah yang disebut dengan melukis. Melukis biasanya menggunakan media berupa kanvas, kertas, papan dan lain-lain. anda juga banyak alat yang bisa digunakan untuk melukis. 

Alat Dan Bahan Untuk Melukis

Orang yang melukis menggunakan kreatifitas nya masing-masing. Orang menjadi pelukis biasanya sudah menyukai menggambar sejak kecil. Ini biasanya dipelajari secara otodidak maupun diajarkan di sebuah sekolah. Melukis pun membutuhkan teknik tertentu agar menjadi karya seni yang terbaik. Kini banyak seniman yang terkenal dan melegenda hingga sekarang seperti Pablo Picasso, Leonardo Da Vinci, Vincent Van Gogh dan pelukis-pelukis lainnya. Nah untuk itu sebelum anda melukis sebaiknya ketahuilah terlebih dahulu alat dan bahannya di bawah ini:

  • Kuas

Kuas merupakan benda yang terdiri dari kayu kecil dengan bulu halus diatas nya yang digunakan untuk melukis. Kuas disini sangatlah berperan penting terhadap hasil lukisan. Kuas juga memiliki banyak macam seperti kuas lukis round, flat, bright brush, angel brush, filbert brush, fan, MOP dan rigger. 

  • Palet

Palet adalah tempat untuk mencampur cat atau tempat menyiapkan cat sebelum diaplikasikan ke kanvas. Palet sendiri memiliki berbagai bentuk. Palet yang baik digunakan biasanya memiliki permukaan yang licin sebab minyak tidak dapat meresap ke dalamnya.

  • Pisau palet

Pisau palet berfungsi untuk mengaduk cat minyak diatas palet. Ini gunanya agar warna cat minyak bisa tercampur rata dengan warna lainnya. Pisau palet juga dapat digunakan untuk sebagai pengganti kuas dan meratakan tekstur cat pada kanvas. 

  • Easel

Easel disebut juga alat penyangga berkaki tiga. Easel digunakkan untuk mendudukkan kanvas untuk melukis maupun memajang karya dalam pameran. Ini agar kanvas saat dilukis tidak bergerak kemana-mana. 

  • Cat atau tinta

Cat adalah cairan yang dibuat khusus untuk melukis. Biasanya pelukis menggunakan cat minyak, akrilik, cat poster, cat tekstil, cat semprot. Masing- masing cat memiliki fungsi tersendiri dan kelebihannya masing-masing. 

  • Kanvas

Kanvas adalah media lukis yang memiliki daya serap tinggi dan cat berdasar berwarna putih. Memiliki pori-pori yang tertutup dan sangat cocok untuk melukis. Kanvas biasanya bisa digunakan dengan cat tertentu. Ada beberapa jenis pilihan ketebalan kanvas yang bisa anda pilih untuk melukis. Kanvas bisa menghasilkan lukisan layaknya lukisan profesional. 

  • Kertas 

Kertas adalah media yang digunakan untuk melukis dan juga memiliki kualitas yang tinggi. Namun, perlu perhatian, khusus saat melukis menggunakan kertas. Karena untuk biasanya menggunakan cat air yang dilarutkan tidak terlalu kental.

Itulah beberapa alat dan bahan yang bisa anda gunakan untuk melukis yang sebaiknya anda ketahui. Melukis sendiri merupakan kegiatan yang sangat bermanfaat karena dapat menghasilkan uang dan bisa dipajang di sebuah pameran jika hasilnya terbaik. Karena itu jika anda memiliki hobi melukis. Teruskan lah hobi tersebut agar bisa menginspirasi semua orang dan juga tentunya bermanfaat bagi anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *